proposal untung besar??? looked

shares |

HADIRRR????

welcome to create blogwith me rizky paulus

kali ini saya ingin post saat saya presntasi
so.. simak ya fotonya 
 ini saat kami presentasikan proposal kami dihadapan dosen tercinta...









"baik inilah isi dari proposal kami yang kami buat "


PROPOSAL USAHA
PT. VEGEFOOD
Jalan Margonda Raya No.18
Depok, Jawa Barat
ADMINISTRASI PERKANTORAN

Nama               Eka Yuliana Amurti
Kelas                : Ap 201
Jabatan           : Produksi
Nama               Nuraini
Kelas                : Ap 201
Jabatan           : Sekretaris

Nama               Rafid Irfandi
Kelas                : Ap 201
Jabatan           : Direktur

Nama               Rizqi Annisa Rahma
Kelas                : Ap 201
Jabatan           : Marketing

Nama               Rizky Paulus
Kelas                : Ap 201
Jabatan           : Wakil Direktur

Nama               Widiya
Kelas                : Ap 201
Jabatan           : Keuangan



                 BAB I

LATAR BELAKANG

   A.     Latar Belakang
Roti adalah salah satu makanan tertua di dunia. Selain itu Roti merupakan makanan favorit semua orang yang biasanya di konsumsi pada saat sarapan. Jarang sekali yang tidak suka dengan Roti. Menyantap Roti saat sarapan merupakan rutinitas yang biasa dilakukan oleh seseorang, karena Roti mudah disajikan yang menyebabkan selalu di santap saat sarapan dan memiliki kandungan karbohidrat yang tinggiBanyak orang yang mengabaikan sarapan dengan alasan tidak sempat sarapan, padatnya aktivitas atau bosan dengan menu sarapan yang kurang variasinya.Intinya, Roti adalah makanan yang selalu menjadi favorit. Konsumen Roti terdiri dari berbagai usia, diantaranya anak-anak, remaja, bahkan orang tua.
Seperti  yang kita ketahui, pada saat ini banyak jajanan atau makanan ringan dijajakan diberbagai tempatMulai dari tempat yang sangat ekonomis hingga tempat eksklusif,  dari yang tradisional hingga yang Internasional, dari yang murah hingga yang mahal, dapat dengan mudah kita jumpai di pusat – pusat perbelanjaan maupun di pedagang kaki limaZaman dahulu orang membeli makanan hanya berpedoman pada rasanya yang enak dan murah, terutama bagi kalangan masyarakat menengah ke bawah. Dua hal inilah yang menjadi prioritas utama dalam membeli makanan.
Roti tidak memandang usia dan pangkat sosial. Siapa saja bisa memakannya karena banyak dijual dengan harga yang bervariasi dan rasa yang berbeda–beda pula. Dari waktu kewaktu, Roti memiliki banyak rasacampuran dan berbagai macam cara pengolahannya. Dapat di makan tanpa ataupun dengan selai, selain itu dapat di goreng dan di padukan dengan berbagai rasa. Diantaranya coklatstrawberry, dan lain-lain. Hal inilah yang melatarbelakangi VegeFood untuk membuat inovasi Roti Goreng.
Produk yang kami buat bernama ”Vege Bread Food”, yang berisi sayuran. Kami membuat Roti Goreng dengan isi yang lebih unik dan sukar ditemui. Produk ini dibuat dengan harapan agar masyarakat tidak lupa untuk sarapan. Selain itu kami menerima pesanan. Harga Roti Goreng yang kami jual cukup terjangkau bagi mahasiswa/i dan kalangan menengah bawah.

   B.  Misi dan Visi

A.   Misi
Menjadi perusahaan penyedia jasa makanan yang halal, lezat, bermutu dan terjamin demi kepuasan konsumen.
B.   Visi
a.    Usaha kuliner yang kreatif dan inovatif
b.    Bahan-bahan yang berkualitas dan halal
c.    Melayani dengan etika yang baik
d.    Kepuasan konsumen adalah penghargaan kami
e.    Berinovasi dengan resep yang ada
f.     Menyediakan makanan untuk kegembiraan
g.    Menyediakan makanan yang kreatif
h.    Kualitas produk yang baik adalah yang utama

   C. Manfaat

1.      Membantu mengembangkan usaha yang sedang kami jalankan
2.      Membantu untuk berpikir kritis dan objektif atas bidang usaha yang sedang dijalankan
3.      Membantu dalam pengembangan usaha misalnya, penambahan modal dari pihak lain
4.      Sebagai alat komunikasi dalam memaparkan dan meyakinkan usaha yang sedang dijalankan kepada pihak lain

   D.Tujuan

1.      Memperoleh penghasilan/pendapatan
2.      Memenuhi kebutuhan masyarakat
3.      Menciptakan lapangan kerja
4.      Memanfaatkan peluang usaha yang ada
5.      Membuka usaha kecil
6.      Membuat produk yang praktis dan unik
7.      Memanfaatkan bahan baku yang mudah diperoleh
8.      Menumbuhkan jiwa yang mandiri
9.      Memperoleh penghasilan yang menjanjikan
10.   Meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat




BAB II
COMPANY PROFILE

A.     Data Perusahaan
1.      Nama Usaha
Usaha ini bernama “VegeFood” nama tersebut terbentuk atas kesepakatan pihak-pihak yang terkait, adapun moto dari usaha ini adalah “Harga Kaki Lima Citarasa Bintang Lima”.
Nama Perusahaan                        : VegeFood
Nama Produk                       Vege Bread Food
Bidang Usaha                                : Makanan ringan
No. Tlp                                 : 0896-6761-1710
E-mail                                  vege.food@gmail.com
Facebook                            Vege Bread Food
Instagram                            vegebreadfood

B.    Bidang Usaha
Usaha VegeFood bergerak dibidang makanan ringan. Modal yang dikeluarkan tidak begitu banyak, namun keuntungan yang diperoleh lebih dari cukup dari modal yang dikeluarkan. UsahaVegeFood ini sangat membantu untuk awal usaha dan terbilang sedikit pesaingnya. Untuk sasaran pemasaran, VegeFood ini aman untuk dikonsumsi berbagai usia, khususnya anak-anak dan remaja.
C.    Analisis SWOT

1.      Stenght
Produk yang dihasilkan oleh “VegeFood” cocok dengan selera masyarakat, proses pembuatannya bersih, menggunakan bahan-bahan alami dan disukai berbagai kalangan
                   
2.      Weakness
Belum mempunyai tempat untuk perusahaan ini.

3.      Opportunity
“VegeFood” akan lebih maju jika sudah mempunyai cabang di tempat-tempat yang ramai untuk memperbanyak konsumen dan memperluas jaringan pemasaran produk serta memperbanyak variasi rasa

4.      Threat
Sudah banyak  jenis usaha seperti ini dengan melihat kondisi yang sudah di survey di lingkungan sekitar dan kami anggap kami belum memiliki saingankarena isi yang bertema sayuran

D.    Job Description

1.      Direktur
a.     Bertanggung jawab atas segala urusan yang berhubungan dengan pembelian dan penjualan produk
b.     Memimpin perusahaan dengan membuat kebijakan-kebijakan perusahaan
c.      Memilih, menentukan, mengawasi pekerjaan karyawan
d.     Menyetujui anggaran tahunan perusahaan  dan melaporkan laporan pada pemegang saham

2.      Wakil Direktur
a.     Mengkoordinasi Manajer-manajer bidang dalam menjalankan fungsinya
b.     Mengkoordinasi Manajer pengkaderan dalam peningkatan kualitas dan kuantitas anggota
c.      Membantu Direktur dalam menjalankan tugas-tugasnya.
d.     Menjadi teladan yang baik bagi pengurus
e.     Memotivasi pengurus yang lain

3.      Sekretaris
a.     Memfilter informasi dan sebagai sumber informasi bagi pimpinan dan menjalankan tugas, fungsi dan tanggung jawabnya
b.     Mengatur aktivitas perusahaan, mulai dari administrasi hingga Human Relations (HR)
c.      Menjadi perantara pihak-pihak yang ingin berhubungan dengan pimpinan
d.     Menjadi mediator pimpinan dengan bawahan
e.     Memberikan ide-ide sebagai alternatif pemikiran pimpinan
f.       Pemegang rahasia penting pimpinan yang berkaitan dengan perusahaan
4.      Keuangan
a.     Membuat perencanaan keuangan, mulai dari perencanaan peminjaman, penerimaan, pengeluaran, dan pembayaran
b.     Menyusun laporan keuangan harian, mingguan, bulanan dan tahunan
c.      Mengelola uang kas, mulai dari membuka rekening, menentukan setoran, mengatur kas, menangani pembayaran atas kewajiban dan membuat catatan transaksi kas
d.     Mengelola kredit dengan mengatur tagihan-tagihan
e.     Mengurus surat berharga, salah satunya menandatangi cek
f.       Bekerja sama dalam menyusun kebijakan administrasi keuangan dengan bagian lain yang terkait sesuai dengan misi dan visi perusahaan

5.      Marketing
a.     Menjaga dan meningkatkan volume penjualan
b.     Menyiapkan prospek klien baru
c.      Menganalisa data keuangan klien dengan tujuan penaksiran investasi klien
d.     Merekomendasikan strategi investasi yang sesuai dan menguntungkan untuk klien
e.     Menjalin komunikasi yang baik dengan pelanggan
f.       Memiliki keterampilan secara kuantitatif yang baik
g.     Mempertahankan pelanggan yang ada
h.     Memastikan pencapaian target penjualan
i.       Membuat laporan penjualan perusahaan
j.       Melaporkan aktivitas penjualan perusahaan kepada atasan

6.      Produksi
a.     Melakukan pembelian untuk bahan baku
b.     Memastikan jumlah bahan baku
c.      Mengatur keuangan stok bahan baku
d.     Memastikan pdorduk yang dikemas sudah siap dijual



E.     Struktur Organisasi



BAB III
SEGMENTASI PASAR

   A. Segmentasi Pasar
VegeFood dapat dinikmati semua kalangan, mulai dari yang muda hingga dewasa bisa menikmati produk VegeFood.

1.      Segmentasi Pasar berdasarkan Geografi
Wilayah yang dijadikan target yaitu di daerah Depok, tepatnya di Jalan Margonda Raya. Karena Depok  merupakan wilayah yang strategis dan dekat dengan perumahan dan kampus-kampus sekitar jalan Margonda Raya, serta dekat dengan wilayah padat penduduk.VegeFood melihat banyaknya peluang bisnis pada makanan yang siap saji “Roti Goreng”, sehingga VegeFood memanfaatkan peluang ini.

2.      Segmentasi Pasar berdasarkan Demografi.
Berdasarkan demografi, secara pasar kami tertuju pada kalangan pelajar dan mahasiswa, lingkungan sekitar, dan Perumahan.

3.      Segmentasi Pasar berdasarkan Psikografi
Berdasarkan psikografi, gaya hidup  masyarakat Indonesia cenderung konsumtif. Oleh sebab itu, kondisi inilah yang melatarbelakangi kami membuka usaha ini.

  B.   Target Pasar
Target pasar VegeFood  mencakup anak-anak, remaja, dewasapusat-pusat pembelanjaan dan pedagang kaki lima.
Marketing Mix 4P (Product, Promotion, Place, Price). Antara lain sebagai berikut :
1.      Product
Pada tahap pertama, VegeFood menghasilkan produk yang di buat home made, artinya produk yang dibuat oleh VegeFood tanpa pengawet maupun zat kimia.

2.      Promotion
Pada tahap kedua yaitu, promosi yang dilakukan VegeFood melalui media social (Instagram, Facebook, dan WhatsApp), Face to face (dengan mendatangi konsumen langsung).

3.      Place
Pada tahap ketiga, untuk tempat penjualan VegeFood menjual di daerah Depok Perumahan Sekitar Jalan Margonda Raya, dan menitipkan di beberapa tempat di warung dan menjual melalui sosial media.

4.      Price
Pada tahap terakhir yaitu, VegeFood menjual produk sebanyak-banyaknya dengan harga yang terjangkau dengan tidak mengurangi kualitas produk VegeFood.

Dengan melakukan tahap- tahap diatas kami berusaha membuat customer tertarik pada produk kami,sehingga pada akhirnya bisa melakukan pembelian dan transaksi. Bahkan tidak sedikit juga saat kami melakukan sosialisasi produk, customer langsung membelinya. Kebanyakan dari customer kami adalah mahasiswa/i dan orang-orang yang ada di lingkungan rumah kami, karena harganya yang terjangkau dan terbuat dari bahan pilihan dan tanpa bahan pengawet.




BAB IV
PRODUK

A.     Jenis Produk
Jenis produk yang kami jual berupa makanan ringan yang terbuat dari berbagai macam bahan yang tidak asing lagi, dengan cita rasa yang beda dari produk lain. Sehingga banyak masyarakat yang ingin mencoba rasa dari “Roti Goreng” produk kami ini.

1.    Vege Bread Food
Roti Goreng berisi Sayuran ( Wortel dan Kentang )

B.    Bahan – Bahan
a)     Bahan Baku
1)     Roti Tawar
2)     Tepung Roti
3)     Tepung Terigu

b)     Bahan Tambahan
1)     Wortel
2)     Kentang
3)     Keju
4)     Susu kental manis
5)     Bawang putih
6)     Seledri
7)     Garam
8)     Merica bubuk
9)     Tepung sagu
10)  Sosis
11)  Mayonaise
12)  Saus
13)  Minyak goreng
14)  Air

C.   Cara Pembuatan

1.    Cara membuat isian
a.      Bersihkan atau kupas wortel, kentang dan buncis. Setelah itu potong kentang dan wortel menjadi bentuk dadu (kotak-kotak kecil) buncis dipotong menjadi ukuran kecil (bulat-bulat tipis). Setelah semua di potong campur sayuran yang sudah di potong di satu wadah. Lalu potong seledri dan masukan ke dalam wadah dan cuci bersih. Lalu siapkan sosis dan potong menyerong, dan tiriskan semua bahan yang sudah di siapkan.
b.      Panaskan wajan dan beri sedikit minyak untuk menumis sayuran. Lalu sambil menunggu minyak panas keprek (haluskan/cincang) bawang putih secukupnya. Lalu setelah minyak panas masukkan bawang putih tumis hingga mengeluarkan aroma atau wangi. Setelah itu masukkan sayuran yang sudah di cuci dan aduk hingga rata. Tambahkan air secukupnya agar sayuran tidak gosong dan tunggu hingga setengah matang. Menunggu sayuran yang sedang ditumis, campurkan tepung sagu (2 sdm) dengan air secukupnya. Fungsi tepung sagu adalah untuk mengentalkan isian. Setelah 10 menit tambahkan garam dan merica bubuk dan aduk hingga rata. Setelah rata tambahkan susu kental manis, seledri dan sosis dan aduk hingga semua tercampur. Setelah sayuran matang, masukan tepung sagu yang sudah diberikan air dan aduk hingga rata dan matikan kompor.


2.    Cara membuat roti goreng

a.      Siapkan roti tawar, untuk roti tawar bisa menggunakan roti yang sudah di kupas pinggirnya atau belum. Setelah itu berikan isian sayuran yang sudah ditumis. Berikan isian secukupnya dan tambahkan mayonaise sesuai selera.
b.      Setelah itu lipat roti tawar menjadi bentuk segita. Untuk merekatkan roti agar isian tidak keluar saat digoreng bisa menggunakan putih telur atau tepung terigu yang sudah di campur dengan air. Berikan perekat pada pinggir roti agar saat digoreng tidak keluar isinya.
c.      Setelah roti siap, siapkan tepung terigu dan air secukupnya di dalam wadah untuk melapisi roti. Campur tepung dengan air dan tambahkan garam sedikit. Setelah itu siapkan wadah datar untuk tempat tepung roti.
d.      Setelah siap masukkan roti yang telah diberi isi ke dalam tepung yang sudah diberikan air, setelah dimasukkan ke dalam tepung langsung letakkan di wadah yang berisi tepung roti, baluri roti dengan tepung roti hingga lapisan roti tertutup.
e.      Setelah roti sudah diberi tepung roti, panaskan minyak di dalam wajan untuk menggoreng roti,  gunakan api yang sedang agar roti matang merata. Setelah minyak panas masukkan roti lalu goreng hingga kecoklatan dan roti goreng siap disajikan.

C.    Keunggulan Produk
Keunggulan produk Kami dibandingkan dengan produk yang sejenis adalah tidak menggunakan bahan pengawet dalam pembuatannya. Dalam proses pembuatan produk Kami juga menggunakan bahan-bahan pilihan dan terjaga kualitasnya. Produk Kami juga di jual dengan harga murah, namun tetap mementingkan rasa dan kepuasan konsumen yang membeli produk Kami.



BAB VANALISIS KEUANGAN



   A. Biaya-Biaya
Modal Awal Rp 72.000 dengan rincian sebagai berikut:
a.    Bahan Baku
Air
Roti Tawar                            :Rp. 10.000
Tepung Roti                         :Rp.   8.000
Tepung terigu ¼ kg             :Rp.   2.000
Minyak Goreng                    :Rp. 11.000
TOTAL                                   Rp 31.000
b.    Bahan Tambahan
Wortel                                    : Rp.   5.000
Kentang                                : Rp.   5.000
Bawang putih                      : Rp.   2.000
Seledri                                   : Rp.   3.000
Susu kental manis              : Rp.   3.000
Garam                                   : Rp.   1.000
Merica bubuk                       : Rp.   2.000
Tepung sagu ¼ kg              : Rp.   2.000
Sosis                                     : Rp.   5.000
Mayonaise                            : Rp.   4.000
Saos                                      : Rp.   7.000
TOTAL                                     Rp. 36.000
c.    Biaya Perlengkapan/Peralatan
Plastik mayonnaise            : Rp.   2.000
Tempat mika                         : Rp.   3.000
TOTAL                                     Rp.   5.000

   
B. Analisa Keuangan
a)    Perkiraan Pengeluaran
Modal sejumlah Rp. 72.000 mampu untuk memproduksi 18 VegeBread Food.
HPP      =  Modal : Produksi
              = Rp. 72.000 : 18
              = Rp. 4.000


   C. Perkiraan Laba/Rugi
                     i.        Laba yang diinginkan 25% = Laba x HPP
                                                              = 25%  x Rp. 4.000
                                                              =  Rp. 1.000
                    ii.        Harga Jual                              = Total Laba (Rp) + HPP
                                                              = Rp. 1.000 + Rp. 4.000
                                                              = Rp. 5.000
  D.  Perkiraan Pendapatan
A.   Target per-hari                      = 18 produksi
Pendapatan                         = 18 x 5.000
                                                                       = Rp. 90.000

B.   Pendapatan per-bulan       = 30 x 90.000
                                                                       = Rp. 2.700.000
C.   Pendapatan per-tahun      = 12 x 2.700.000
                                                                 = Rp. 32.400.000





BAB VIPENUTUP

A.        Perluasan Usaha
Kemungkinan perluasan usaha yaitu kami akan memperluas jaringan pemasaran produk dengan cara menjual di media soial serta berinovasi dengan isi dari Roti Goreng yang Kami produksi. Dengan cara memperbanyak variasi rasa agar para konsumen tidak merasa bosan dengan “Vege Bread Food”.

B.        Kesimpulan
Berwirausaha merupakan kegiatan yang dibutuhkan untuk menbiptakan atau melakukan sebuah usaha. Peluang kita dalam berusaha merupakan kemampuan pribadi sebahaimana kita memiliki sifat pervaya diri, berani mengambil resiko, kepemimpinan, jujur dan tekun, selalu berusaha untuk berprestasi, unggul dalam memasarkan produk.

C.        Penutup
Demikian proposal ini dibuat, semoga dapat menjadi acuan dan bahan pertimbangan dalam mendirikan usaha. Maka dari itu, kami mengharapkan dukungan serta peran semua pihak dalam pembentukan usaha ini. Terima kasih.


sekian dan terima kasih....

by: rizky paulus
kelas : ap 201

Related Posts

0 comments:

Post a Comment